top of page

Harga Terbaik Hotel

Bandingkan Saja!

8 Cara Mendapatkan Harga Terbaik Hotel

Liburan akhir tahun sudah dekat. Beberapa orang sudah mulai merencanakan akan pergi ke mana bersama keluarga atau kerabat, GOV pun juga. GOV ingat betul tahun lalu dia harus menghadiri meeting di Bali, di sebuah hotel bintang 5 terkemuka. Berhubung sudah masuk musim liburan, harga kamar paling murah di hotel tersebut sudah di atas Rp. 2,000,000 - dan hanya dapat view parkiran. Karena alokasi akomodasi dari perusahaan GOV tidak sampai segitu, GOV sharing sama teman biar bisa tinggal dekat tempat meeting dan tetap hemat. Sisa alokasi akhirnya kita pakai untuk yang lain seperti makan dan beli oleh-oleh.




Dalam meeting tersebut, GOV sempat berkenalan dengan seseorang yang berpikiran sama, namun kurang beruntung karena dia tidak ada teman untuk diajak sharing kamar. Alhasil, beliau tinggal di hotel bintang 3, sekitar 2 km dari tempat meeting ini diadakan. Beliau bercerita bahwa di antara rekan-rekannya, dia memiliki reputasi untuk selalu menemukan hotel alternatif, yang lebih murah namun dengan kualitas yang tidak kalah jauh. Kami pun bertukar pikiran. Kebetulan GOV kerja di bidang perhotelan, jadi GOV tahu 1-2 tips untuk mendapatkan harga terbaik dalam mencari hotel.


Berikut beberapa tips yang GOV kumpulkan dari pengalaman sendiri, serta dari orang-orang seperti beliau di atas:


1. Lupakan fasilitas hotel pada umumnya. Lupakan coffee maker, lupakan kimono, lupakan sandal yang nyaman, Bahkan lupakan sabun dan shampoo yang biasa kalian bawa pulang untuk souvenir. Hotel sekarang sudah menemukan cara untuk menekan cost, yaitu dengan mengurangi fasilitas. Sabun dan shampoo pun sekarang pakai dispenser. Jika kalian bisa mengabaikan fasilitas-fasilitas tersebut, maka dijamin kalian akan cenderung mendapat harga yang lebih murah


2. Bandingkan. Bandingkan. Bandingkan. Jangan pernah percaya kepada website-website selalu menjamin harga termurah, karena sebenarnya pada umumnya, yang menentukan harga di website-website tersebut bukanlah mereka sendiri namun tetap hotel tersebut. Kalian bisa bandingkan harga dengan menggunakan website pembanding seperti yang ada di homepage kami atau website seperti Hotelscombined.


3. Tanggal yang fleksibel. Salah satu cara untuk mendapatkan harga terbaik. Harga di akhir pekan dan libur panjang akan murah untuk hotel-hotel di perkotaan, dan sebaliknya, harga di hari biasa akan jauh lebih murah untuk hotel-hotel di daerah destinasi wisata.


4. Hati-hati soal tambahan biaya. Tidak semua hotel menyediakan free WiFi, free mini bar, free newspaper, free mineral water dan free free lainnya. Pastikan kalau yang kalian pakai atau konsumsi itu memang benar-benar tidak ada tambahan biaya.


5. Minta upgrade. Pada saat check-in, bisa dicoba untuk minta upgrade. Tidak ada salahnya. Jika kamar memang masih banyak yang kosong, ada kemungkinan kalian bisa dapat upgrade. Memang tidak akan mendapat harga yang lebih murah, namun untuk biaya yang sama, kita bisa mendapat lebih.


6. Pertimbangkan hotel independen atau hotel chain lokal. Hotel independen tidak bayar managemen fee dan fee tetek bengek lainnya. Jadi mereka bisa kasih harga lebih murah. Begitu pula hotel chain lokal terutama yang baru seperti batiqa hotels, mereka akan lebih fleksibel mengenai harga.


7. Daftar Loyalty Program. Tidak ada salahnya untuk daftar loyalty program, baik di website travel seperti Agoda maupun langsung di hotel. Lebih banyak point yang kalian kumpulkan, lebih banyak potongan diskon dan benefit yang kalian dapatkan.


8. Cari Paket. Early bird (beli jauh-jauh hari), minimum stay (beli minimal 2-3 malam) merupakan paket yang paling sering ditawarkan oleh hotel. Dan ingat, tidak semua website memiliki paket yang sama. Dan walaupun mereka memiliki paket yang sama, belum tentu harganya sama. Oleh karena itu, bandingkan, bandingkan, bandingkan.


Demikian sedikit tips dari GOV. Semoga dapat membantu kalian mendapatkan Harga Terbaik Hotel. Apakah kalian ada tips lain? Silahkan tulis di komen box di bawah ya.

Terima kasih sudah menyimak :)

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page